Bikin Ketupat Sendiri



Ini aku cerita Lebaran (lagi), pada bosen ga ya? 
Pertanyaannya..........
emang ada yang baca???? 324r75557765430 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons
JLEB !
JLEB !
JLEB !
Blubug ! Blubug !
*nyilem ke dasar kolam*
*ketemu sama ikan gurame*



Sebenernya rada rikuh juga kalo apa-apa dikit ditulis. 
Tapi gimana dong?
Stok foto gue masih banyak.
Gue kan bisa ngepost cuma kalo ada fotonya ...

Gue ada foto mie ayam, baso, sayur-sayuran, kue-kue, ama beberapa list warung makan heits yang belum rampung dibuat kata-katanya. Ja-ilaaah..ini blog apa gudang ransum? 
wkwkwk

*** 

Bermula dari H-1 jelang Lebaran. 
Rumah mertua uda gladak-gluduk aja kayak kelinci (tau lagu lama?).
Tiba-tiba tetangga yang rumahnya entah darimana, muncul nganterin janur. Janur kuning. Buat bikin bungkus ketupat. 

Aku yang sedari kecil emang ga pernah dieuforiakan (anjay bahasanya) sama pernak-pernik Lebaran cem ketupat, opor, dan kawan-kawannya, begitu berumah tangga langsung diperkenalkan dengan asal muasal makanan ini berikut cara membuatnya. 

"Pak Suami tercinta yang bagiku lebih ganteng dari Asraf Sinclair ini pun langsung ambil kendali untuk merangkai janur. Aku? Aku ikutan nonton sambil memberikan semangad <---nyebelin betul ya si Gembul ini?"

Walaupun SMP sempat ada muatan lokal seni merangkai janur, ternyata pas di angkatanku malah buru-buru diganti sama menjahit. Jadinya kan aku tidak bisa membantunya...*alesan aja emang*

Pak Suamiku tercinta sangat cekatan merangkai janur
Aku sendiri cuma numpang megang buat difoto
Semangat ya Yah ! :XD

Sebenernya sih, aku mau aja ngebantuin. Sosoan minta dibarengin pas masuk-masukin 2 janur demi 2 janur itu hingga membentuk model belah ketupat, tapi jatohnya malah akunya ngrusuh. Bikin ga kelar-kelar. Akhirnya aku dihush-hush Tamas biar ga usah bantuin.

*kucedih*

Dalam beberapa menit setelah ditinggal perusuh bertubuh bantet seperti saia, 1 panci besar selongsong ketupat pun jadi. Tinggal diisi beras dan dikukus di atas keren atau bahasa gampangnya tungku. 

Cara bikin ketupat sendiri ternyata ribet ya
Ketupatnya nanti diisi dengan beras
Beras dimasukkan ke dalam kulit ketupat

Siap dikukus
sekalian deh bikin es degan gula merah buat buka puasa terakhir

Pekerjaan lain sebenernya masih banyak, kayak bantu bungkusin tape, iris-iris tahu (buat bikin tahu kupat khas purworejo), sama ayam kecap. Opor ada sih, tapi biasanya Bumer yang turun langsung mengolahnya karena kan untuk porsi besar macem Lebaran ga bole asal-asalan diublek-ublek kayak ramuan penyihir bikinan madam Beby Mbul, hahah.

Kalau ayam kecap, bole lah dipasrahkeun ke aku. Bumbunya juga gampang sih kayak bumbu ayam pada umumnya (ketumbar, bawang merah, bawang putih, merica, jahe, pala, garem udah--diuleg), abis itu pas dimasukin ke atas wajannya pas dalam keadaan minyak panas, diosek-osek, baru setelah beberapa menit masukin ayam-ayam gendutnya ke dalam wajan. Bolak-balik, jadi !

Ayamnya ini istilahnya jadi lauk pas pecel kemaren. Kemaren di sini maksudnya bumbu kacang sebelom dicairin gitu. Sedangkan dedaunan pecelnya, jelas bruwun lagi. Bruwun itu bahasa jawanya dari memetik. Sengaja kosa kata di blog ini gue campur-campurkan biar kesannya gue kayak Mbak-Mbak FTV banget gitu deh...yang kalau ngomong dimedok-medokin *halah*.


Bantuin Bumer nyiapin makanan khas Lebaran, Tahu Kupat
Ayam kecap, juga pecel


Kegiatan di tempat Bumer emang sebagian besar berhubungan dengan dapur. Ya lumayan kan, colong-colong dikit ilmunya, biar suami tambah lengket dimasakin menu yang mirip-mirip ama masakan ibunda yang penuh nostalgic, hihi. Lagipula kebanyakan resep yang diajarkan beliau lumayan simpel sih. Tapi herannya, tetep aja enak.

Sorenya kami ngetem di tukang cuci mobil yang ngantrinya naudzubillah. Dateng ba'da asyar...dapetnya jam 5-an. Ngalamat bersih kubur tempat simbah-simbahnya Tamas jelang magrib nih. 

***

Sebelom gema takbir berkumandang di corong-corong masjid, lampu tiba-tiba menunjukkan gejala-gejala mau mokad. Baru nonton Sopo Jarwo separo episode, e....sebentar nyala sebentar mati. Lalu pas ke-3 kalinya baru benerap mati, meski di ruang tengah ada emergency yang mungkin cuma tahan beberapa jam. Ya, ngalamat bayar zakatannya nunggu maleman ini mah. 

*terus tiba-tiba Mbul ragu, besok uda jadi Lebaran apa belom?


Saking lamanya mati lampu, akhirnya aku dan Tamas ketiduran. Tau-tau sekitar jam 10-an malem, kakak ipar beserta keluarga tiba di rumah juga setelah 2 hari 2 malem terjebak di 'hotel' Cipali (kena macet). Rame lagi horehhh !!! Karena kan ponakan ada 2 biji, yang sekarang uda pada bujang-bujang (SMP dan TK B sich) sehingga kemeriahan baru kerasa jika mereka sudah dateng. Terus para bapak buru-buru ngurus zakat ke mesjid baru setelahnya dibolehin tidur karena besokannya kudu Sholat Ied yang siap-siapnya diwanti-wanti Bumer kudu jam 4 pagi. Hahahhahah...

E aku uda pernah cerita kan, kalo sholat ied di tempat suami emang kerajinan abis. Pagi mruput, sekitar jam 4 kami kudu udah wangi, mandi. Abis itu ke mesjid buat takbiran sembari nunggu sholat pukul 6-an. Jadi kelarnya jam 7-an, sementara di tempatku...ya standar kayak yang seing disiarin di TV sih timingnya.

kue-kue lebaran khas di tempat mertua
makanan khas lebaran di tempat mertua
tiati kolesterolnya ya Mbul ...

Oh ya, karena sholatnya uda di tempat mertua, maka hari pertama ini muternya gantian ke tempatku. Karena kan udah 2 kali lebaran aku ga ikutan muter tempat sodara. Jadi untuk lebaran kali ini aku dan suami sepakat buat muter dulu di lingkungan keluargaku. 

Cuman ke sananya literaly cukup ngaret. Habis sholat Ied, aku dibajak kakak ipar buat mampir tempat mertuanya yang rumahnya emang belakangnya pas tempat bapak ibu. Hahah...Soalnya rombongan cowo masi pada salim-salim ceria di mesjid, sementara kami para perempuan uda ngebut duluan dan pada pulang ke kandang. E pas lewat tempat mertuanya kakak ipar, akunya diajak mampir...ngopor-ngopor dulu apa ngupat tahu dulu gituh...*terus akunya ngekor aja...bahahaha...

*beneran ambil piring*
*terus makan*
*nyidukin kupat tahu*
*terus ditabok Tamas*
*dicangking pulang lagi buat siap-siap ke rumah Prembun*


Bersambung



 

3 Responses to "Bikin Ketupat Sendiri"

  1. wisatakuliner001.blogspot.com telah mencuri seluruh artikel di blog saya http://gembulnita.blogspot.co.id/dengan menduplikasi secara autocopy, mohon kepada saudara Triyono saputra yang mempublish artikel di blog ini yang dicopy paste/dicuri mentah-mentah dari blog saya (gembulnita.blogspot.co.id) agar segera menghapus semua artikel yang telah saudara contek. Coba mas,kalau mau nyontek artikel orang dicek-cek, bahkan di seluruh artikelnya juga udah ada ciri khas bahasa saya, foto saya, maupun nama saya...(ketahuan kan kalo njiplak banget)

    Mohon diketahui, berinternet juga ada etikanya, jangan menghalalkan segala cara dengan memanfaatkan tulisan orang lain untuk menjaring adsense, ingat,pendapatan anda jadi tidak berkah.

    Saya membangun blog saya dari awal, dari nol, sampai banyak pengunjungpun saya masih tetap tidak mengincar iklan adsense, kok anda enak banget tinggal nyomot, terus ngarah adsense ya?? dimana letak etikanya???????? !!!! Silakan direnungkan baik-baik ya.

    BalasHapus
  2. halo mas triono sapura, atau siapapun yang publish, saya mau tanya kok seluruh artikel dan foto di blog saya (www.gembulnita.blogspot.co.id) kamu copy tanpa seijin saya ya? Mohon untuk pertanggungjawabannya dan dihapus, silakan membuat artikel sendiri ya, jangan mencuri artikel orang lain. Salam

    Saudara admin wisatakuliner001.blogspot.com seHARUSNYA MENCANTUMKAN LINK, MASA JIPLAK MENTAH2 GITU , MALUUUUUUUUU itu foto saya kamu jiplak semua berikut cerita-ceritanya, sedih dan miris..lihatnya. http://gembulnita.blogspot.co.id/

    BalasHapus

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik