Makanan Khas Lebaran di Keluarga Gembulnita



Setelah cabut sholat ied dari lingkungan keluarga suami, aku dan Tamas pun meluncur ke rumah orang tuaku di Prembun. Absen, cuy ! Sekalian gantian karena 2 kali Lebaran kan selalu muter di tempat suami. Rasanya kangen juga euy, ngumpul pas banyak-banyaknya sodara di rumah. Maklumlah, ibuku kan anak tertua dari 5 bersaudara yang kebetulan memang perempuan semua. Sedangkan simbah--orang tua dari ibu, semuanya sudah berpulang ke Rahmatullah. Begitula dengan ortu bapak. Alhasil, di rumahkulah para tante start buat muter bareng-bareng ke keluarga yang lebih sepuh. Kalo ke sininya lebaran ke-2 atau ke-3, ngalamat bakal susah ketemu lagi......sebab hari-hari setelah itu pasti udah kepakai buat jalan-jalan sendiri, entah itu ke tempat wisata atau ketemu temen lama.


Rasa tobeliihh, mauk?


Kendaraan kami melenggang kangkung di Jalanan Prembun yang rupanya masih cukup sepi. Padahal sudah jam 10-an pagi. Ya rada ngaret dikit lah dari agenda kumpul awal karena sebelomnya aku sempet ketahan di tempat mertua kakak ipar yang mewajibkanku untuk makan-makan dulu sama opor hahhahah....Nah, habis nganterin ketupat sama tape di tempat simbahnya Tamas, bablas deh sowan Prembun, the nostalgic chilhood i ever had (sosoan keminggris, ga tau bener apa salah kosa katanya hahahha?)

Begitu nyampe, tadaaaa....Mbul langsung cipika-cipiki sama ibuk, trus cium tangan bapak, sama disalamin adek, jiaahhh lengkaap. Dulu pas kecil sempet terbebani harus sungkem sih (sesuai adat dan kebiasaan pas hari raya), cuma karena aku agak kacau bahasa kromo inggilnya, maka paling banter sih cuma cium tangan ama yang lebih sepuh. Hhahahahhahahah....

Di rumah kue-kuean sedikit agak berbeda dari lebaran biasanya. Kakakku yang biasanya membeli paketan kue khas seperti kastengel, nastar, atau putri salju, kali ini menggantinya dengan cilok pingpong. Cuma ciloknya belom datang, karena kan kakakku dapet keretanya lebaran kedua sore hari. Kalau kue-kuean di atas meja, banyakan sih yang manis-manis. Entah kenapa tahun ini ibuku banyak banget beli coklat. Ada yang modelnya coklat bunga-bunga, ada pula yang modelnya corn flakes. Hm....padahal kan akoh sudah manis buw...*ambil baskom*


Cantik yak gue ngambil anglenya?
hidup harus dinikmati dengan perasaan yang manis, cieh
Lebaran kali ini didominasi oleh coklat dan corn flakes

Etapi kastengel bikin sih ada ya. Adekku yang heboh bikin pas H-1 jelang lebaran. Ceritanya mau testing otang (oven tangkring). Terus memanfaatkan aneka parcel yang aku bawa--yang kebanyakan beruba bahan-bahan kue seperti mentega Blueband dan keju-kejuan. Tadinya sih, aku mau usul jangan tinggalin aku pas proses masaknya. Eh....H-1 ternyata aku masih sibuk di tempat Bumer, jadinya ketinggalan deh bikin kue yang kuimpikan ini wkwkwkkw..

Tapi jujur aja kastangelnya enak kok. Memang bentuknya ga usah dikomen--berantakan, begitu disentuh langsung makprul, tapi jangan salah, rasanya enak. Kejunya juga kerasa meski ga sekuat bikinan Harvest *yekali. Tapi sejauh ini, keluarga Prembun udah ada kemajuan lah ada bikin-bikin kue kering. Biasanya kan semua pesen sama kenalannya ibu. 

Sayangnya toples-toplesnya ga memungkinkan para tamu untuk mengintip si kastengel ini. Soalnya kan dia dimasukin dalam Taperwer yang kurang lebih bungkusnya warna-warni. Sebenernya aku lebih suda lodong (toples) bening kaca sih kayak tempat kue jaman dulu. Cuma yah...dasarnya mamiku jualan taperwer, makanya diwadahinnya pake itu. Lagipula taperwer ini kan tutupnya kenceng-rapet, jadi ga perlu kuatir semut bakal masuk atau makanan jadi amem (mlempem).


Kastangel bikinan adekku
ya walau remuk, tapi enak kok

Kalau yang gurih-gurih, biasanya kacang bawang sih. Berbeda dari masa-masa kecil dulu, sekarang apa-apa pilihnya yang praktis. Kalau dulu ada niatan mlicetin (ngupasin) kulit ari kacang, sekarang kayaknya ga ada waktu. Jadi pilihnya yang jadi ada di pasar. Biar ibu tinggal goreng.

Goreng kacang bawang sebenernya juga pe-er sekali loh pemirsa. Aku aja suka gagal kalo terpaksanya disuruh goreng sendiri. Kadang pengen yang warnanya pucet keemasan, eh...ternyata diklethak pake gigi masih atos sekali. Sedangkan kalau kecoklatan...ya sama dengan gosong. Hahahahha. Makanya, Tamas bilang kalau goreng kacang bawang itu minyaknya kudu banyak. Biar kacangnya tenggelem.


kalau belum ada kacang bawang, serasa belom lebaran
kacang bawang, coklat, astor
tape ketan bikinan ibu mertua juga hadir di meja
cantik ya warna warni gini jadinya

Tape ketan bikinan mertua juga hadir di meja. Ini layaknya oase sih di tengah-tengan jejamuan kue yang serba kering semua. Biasanya kalo di meja ada jajan basahnya satu yang keliatan mbedani--nah itu yang bakal cepet abis.

Astor juga ada cuy. Ini dari gue sih. Dari paketan parcel yang kami kirim. Sebenernya ada 1 yang sengaja masuk packaging. Tapi entah kenapa yang rasa stroberi--walau mereknya Choyo-Choyo tetep dirampok adekku juga gegara pas nurunin kresek dia liat jajanan mudik buat bekel perjalanan hahahahha..

Untuk makanan beratnya, katanya sih ibu bikin bakso. Cuma aku ga sempat motoin karena ternyata baksonya ga ditata di atas meja. Melainkan tinggal cidak-ciduk aja di rebusan panci. Hmmm...makin ke sini, rupanya semarak makanan hari raya kurang begitu dinomorsatukan. Mungkin seiring bertambah sepuhya usia plus ketambahan anak gadisnya juga sudah lebih banyak bantu-bantu rumah di keluarga suami pas H-1, jadi untuk perdapuran di rumah ortu sendiri kadang ga bisa kehandle serta....hiks....(apa aku harus membelah diri?)

Tapi tetep dong lebaran kali ini rasanya jauuuuuhhh lebih hepi  dari lebaran sebelumnya (masi inget kan cerita lebaranku tahun lalu yang dalam keadaan galau karena kehamilanku yang tidak bisa diselamatkan sehingga harus berakhir di meja kuret). Tapi alhamdulilah, sekarang sudah bener-bener muvon. Ga tau kenapa mungkin karena efek doaku tiap malam sambil mencari Lailatul Qodar biar pas pulkam kemaren perasaanku seneng.


Pose lebaran dulu, kali ini pake sarimbit batik
sebenernya pengen pamer. baju baru..tapi tar diceramahin haha
Ketika sudah lelah pose apalagi wkwkwk

Ya intinya makin mateng aja pemikiran terutama pas sowan-sowan di tempat sodara. Terpenting, suami emang yang paling mengerti aku dan bisa membimbingku untuk jadi pribadi yang lebih nice lagi tiap ada omongan atau pertanyaan yang kurang sreg, apapun itu hahahhaha. Karena bahagia itu kan kami yang ciptakan, orang lain tinggal mengomentari. Kalo ada yang nanya dengan nada annoying, kami skakmat aja biar dia kalah set atau mati kutu. Kami pasang tampang sebahagia mungkin, biar yang pada sotoy pada gigit jari. So, semua aman terkendali.

Abaikeun curcolan di atas.

Ya habis itu standar sih, bulek-bulek aka tante-tante siangnya berdatangan. Macit-macit, terus jalan ngider ke sodara-sodara yang lebih sepuh lagi. Yang ini skip-skip-skip.

Sampe sore ditelpon kakak ipar, kalo budhenya Tamas dateng dari Jakarta. Bumer minta dipesenin ikan. Okay, kami ngacir cari ikan. Ijin pamit dari tempat bulekku, lalu nemuin sejenak tamu jauh dari Jakarta. Ngobral-ngoblor ngobral-ngobrol, temu kangen sampe malem. Habis itu pamit, capcus ke Prembun lagi. *memang ya peran kami saat pulang kampung begini harus adil dan was-wes-wos secepat angin kinton karena ga mau porsi ngumpul keluarganya berat sebelah*

Malem-malem, sengaja nih aku ga langsung pulang ke Prembun. Ya mlipir-mlipir dikit deh Pasar Kutowinangun buat ngemie ayam atau baso. Eh tapi suka heran ga sih, kenapa kalo hari raya mie ayam dan baso itu selalu rame? Selalu penuh gitu warung-warungnya? Ada yang bisa kasih jawaban ga? Tapi ga bakal ditraktir baso juga sih jyahahahha.


Kenapa kalo lebaran, warung mie ayam bakso selalu rame?

Tadinya kami pengen ngebakmi di depan terminal yang jejeran sama pasar bengkoang Prembun, tapi ternyata bakulnya masih libur. Alhasil, kendaraan langsung bablas ke Kutowinangun dan berhenti di depan pasar pas yang malam itu dihiasi oleh deretan warung tenda aneka menu. Kami milih jajan mie ayam dan satu mangkok es buah buat berdua. Ahaaaaaaayy. (maksudnya biar ga kekenyangan gitu loh). Reviewnya ntar deh ya...

***

Keesokan harinya, giliran jadwalnya muter di tempat sodara Tamas. Sebelumnya sih ngetem dulu di tempat bumer buat mengantar rombongan Budhe yang mau bablas ke Jogja. Kupikir, pas ke sononya uda pada siap-siap, ternyata masih pada sante-sante aja sampe siang. Habis itu baru deh bubar. Lalu kami terus aja mampir ke Ketug, Kutoarjo buat nglanjutin acara silaturahmi.


Bapak, adek, ibuk...sehat selalu ya :*
Hari kedua, ganti model krudung wkwkwkw
biar lagi makan eyke bole pose cantik dong

Di tempat bulek-buleknya Tamas, ada tradisi yang berbeda dari tempat keluargaku. Jadi tuh kalo ditawarin makan di keluarga beliau, kaminya wajib ngintipin isi dapur, alias makan. Yahahhahah...kalo ga gitu nanti dikira ga sopan. Alhasil dari rumah, kami harus kosongin perut dulu kan biar pas ditawarin safari makanan berat perut masih bisa muat.

Tapi herannya ya Embul mau aja loh disuruh makan *Gaplok !*
Ya abisan menunya bervariasi. Antara bulek satu ama bulek lainnya pada beda-beda gitu masakannya. Jadi kan bukan salahku kalau akhirnya Mbul tergoda...



kue-kue tempat saudara
di tempat saudara Tamas, dipersilakan makan, artinya wajib
Akhirnya Mbul tergoda rica-rica entog
tahu pedes manis aja pas lebaran berasa enak loh hahah

Ada bulek yang masak rica-rica entog, bebek goreng, pecel, bahkan tahu pedes manispun kerasanya enak. Sampe ga terasa perut uda membuncit dan membentuk gundukan lemak, alhamdulilaahhh...

***

Lebaran ke-3...pagi buta Tamas uda ngacir sama bapak njemput kakakku dan suaminya di Stasiun Kutoarjo. Mbul ga ikut sih, soalnya masih sahabatan banget sama bantal guling kasur eaakkk. Cuma setengah jam-an dari stasiun, subuhnya uda rame aja dengan suara mbokayune nyong sing tercinta ini walau kadang kalau bicara agak keras sih hahhahah.


Kalo di tempatku, biasanya ibu bikin kripik paru
masaknya tumis mlinjo (request kakakku)
nasi, mlinjo, botok ati (dari kakak), kering tempe
paru ibuku paling lejat sedunia, event dari resto Padang
Botok ati dari kakakku
aku, kakak, adek, ibu
aku dan ibuku tercinta :*

Horayyy !! Akhirnya formasi keluarga kami utuh lagi. Ngumpul pagi dan sarapan dengan tumis melinjo, paru goreng, ama botok ati yang dibawain kakak.

Jadi kurang lebih, makanan (berat) khasnya keluarga kami ya hampir sama sih dengan makanan rumahan hari biasanya. Paling yang rada beda karena ada keripik paru khas yang dibuat empuk (ga terlalu kering) sebagai lauk. Oh ya, satu hal lagi yang aku pelajari selama pulkam kemaren. Yaitu...selama ini aku salah dalam hal menumis kulit melinjo. Ibu bilang sih biar cepet ngresep itu tangkil kudu direbus dulu pake sedikit garem sebelum dioseng. Nah, kalau sudah empuk...barulah ditumis layaknya tumisan pada umumnya *diiringi dengan anggukan Gembul yang mencatat dalam hati....


1 Response to "Makanan Khas Lebaran di Keluarga Gembulnita"

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik