Sate Ambal Kebumen Buatku Tetep Paling Enak Sedunia !!




Yaayyy !! Keturutan juga ngicipin Sate Ambal yang bagiku masih dan akan terus menjadi sate terenak sedunia. Yup, urusan perdagingbakaran *khususnya sate*, aku emang rada strict nentuin kata terenak dalam versiku. Selain emang udah terbiasa dengan model sate jenis ini sedari kecil, bagiku Sate Ambal juga memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan sate-sate lain. Baik dari segi rasa, bumbu, sambal, tekstur kekenyalan, hingga volume potongan dagingnyapun sangat kontras dengan sate lain. Yah, bisa dibilang udah ga bisa ke lain hati deh kalo disuruh milih.

Sate Ambal Pak Kasman Cabang Kutowinangun, Kebumen

Sate Ambal emang udah jadi ikon daerah yang menghidupi masyarakat desa penghasilnya yakni Desa Ambalresmi, Kec. Ambal, Kab. Kebumen. Kalau kalian mampir ke kawasan pesisir pantai Selatan Jawa Tengah kayak Pantai Petanahan, Mbocor, Congot atau Rowo, pasti pemandangan warung sate bakal tak luput dari perhatian. Jarak warungnyapun dekat-dekat dan biasanya masih ada hubungan sanak famili dengan pelopornya Sate Ambal yakni Pak Kasman yang merupakan cucu dari pencipta Sate Ambal itu sendiri, yakni Bapak Samikin. 

Sate Ambal yang dimakan di daerah asalnya ini memang kesannya lebih afdol ya, mengingat cita rasanya yang masih asli sesuai pakem resep yang diwariskan secara turun-temurun.  Namun hal tersebut bukan berarti kita hanya bisa menikmatinya di tempat aslinya saja, karena cabangnya juga sudah beranak pinak di beberapa kecamatan lain seperti yang kujumpai waktu mudik kemarin, yakni cabang Kutowinangun. Rada telat juga sih, nyisihin waktu ke sini, karena padatnya jadwal silaturahmi waktu Lebaran makanya kayak mepet-mepet dedlen waktu ke sini. Ya..tapi tetep lah ya, ketimbang kebayang-bayang terus belom keturutan, akhirnya pas ada waktu aku bela-belain juga buat makan hahhaha. 

Padahal aslinya, kalo boleh milih hari...pas awal-awal nyampe kampung, pingin rasanya langsung ngudap sate ini tepat di bibir pantai...maksudnya abis dari pantai, bisa mampir ke warung Pak Kasman yang ada di Ambalnya langsung. Cuma kok ya apesnya, jadwal ngedadak padet *cem bupati aja ya, Mbul sibuk ginih hihi*. Jadi ya baru disempet-sempetin pas mau arah pulang ke Tangerang.


Pengalamanku wisata kuliner di Sate Ambal Pak H. Kasman, Kutowinangun

Jadi tuh, tepat di Selasa sore waktu mudik balik, aku dan Pak Suami melipir ke Warung Makan Sate Ayam Asli Ambal, Pak H. Kasman yang ada di Kutowinangun. Yang ini juga lumayan rame mengingat posisinya yang berjajaran pas dengan jalan raya. Ancer-ancernya gampang banget. Pokoknya setelah Pasar Kutowinangun, maju dikit sebelum nyampe Kebumen Kota. Warungnya warna ijo--gede, dengan pemandangan kolam-kolam ikan dan sawah yang mepet dengan area belakang bangunan (kayaknya sih masih satu usaha juga). 

Kalau dilihat dari viewnya, area depan dijadikan tempat pembakaran sate yang menghasilkan aroma daging yang menggigit hingga ke bahu jalan--sehingga bakal menarik perhatian pengunjung untuk beli, disamping juga menghindarkan asap bakaran ke arah tamu. Sedangkan masuk ke dalam lagi, bisa dijumpai kasir dan beberapa model bangku untuk makan, baik yang berbentuk lesehan maupun tempat duduk biasa. Menu utamanya jelas sate, namun jika ingin varian lainnya, warung ini juga menyediakan sop ayam dan ayam goreng. Sayangnya misiku dan Pak Suami tetep pada jalur awal, yakni pengen ngicipin sate. 

Jadi, begitu meminggirkan kendaraan di lahan parkiran, aku dan Pak Suami langsung ambil posisi di deretan bangku panjang yang ada di ruang tengah warung makan. Kebetulan sore itu lumayan rame, karena sudah penghabisan Syawal. Jadi mungkin inilah kesempatan bagi orang-orang (baik yang dari kota maupun yang dari desa) untuk mencicipi kuliner khas yang lain dari biasanya. Beberapa malah berasal dari rombongan yang beranggotakan belasan orang yang langsung ngetag meja untuk porsi makan-makan besar. Beberapa yang lain juga ada yang pesan dibungkus untuk kemudian dibawa pulang ke rumah masing-masing. 

Malah, sepintas aku mendengar kalau ada satu diantara Mbak-Mbak yang jualan ada yang nawarin 2 sisir pisang kepok hasil panen dari kebon (yang ada di belakang warung). Dijualnya dengan harga murah. Kalau ga salah 2 sisir pisang cuma dikenai Rp 12 ribu deh. Mana pisang kepoknya besar-besar dan kualitas bagus lagi. Makanya Tamas agak tertarik untuk beli, tapi setelah dipikir-pikir ga jadi ah soalnya kan kami uda keburu banyak nimbun makanan di mobil. Takutnya ga kemakan. Lagian kami juga udah sering beli pisang mentah buat diimbuh (diperam), e taunya pas dibuka malah terlanjur lodong sehingga kurang krancy pas digoreng. Akhirnya itu pisang sukses diborong pembeli yang lain deh.


Potongan dagingnya tebel-tebel ya di tiap tusukan Sate Ambal?
30 tusuk Sate Ambal, 2 kupat, & 2 es teh manis

1 porsi sate ayam terdiri dari 20 tusuk, banyak kaan?


Kami duduk di bangku tengah depan mushola yang samping-sampingnya udah keisi sama rombongan yang terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak (semacam keluarga besar). Yah, mungkin abis pada arisan atau reunian kali ya? Terus laper makanya langsung makan di sini. Atau malah habis syawalan yang kalau di tempat kami diidentikkan dengan acara jalan-jalan ke pantai rame-rame. Biasanya pake truk atau mobil losbak yang diisi orang. Aku jarang sih ikut Syawalan yang ke pantai gitu *anaknya takut item* Hahahahaha.

Karena tamu lumayan rame, beberapa pelayan pun turun tangan untuk mentackle pesanan kami satu-persatu. Ada yang kebagian mencatat menu, ada yang kebagian mengantar makanan, sampe ada pula yang kebagian bersih-bersih. Kalau yang masak uda ada orangnya sendiri, yaitu seorang bapak yang kemungkinan besar adalah yang paling ahli dalam hal mengkipas sate. Mengkipas??? Memasak juga kali Mbul? Iya deh...memasaknya juga :XD.

Kami lanjut memesan 30 tusuk sate, 2 potong kupat, sambal, dan juga es teh manis. Ga perlu waktu lama sih buat nunggu pesanan matang, soalnya dalam waktu 10 menitan, sate dan kawan-kawannya ini juga udah terhidang di atas meja, dengan wanginya yang khas sehingga menarik perhatian Suketi untuk pesan 30 tusuk. Es teh manisnya dulu sih yang dateng pertama kali. Gelasnya gede. Terus tehnya juga ga yang asal teh kayak di warung tenda ala-ala gitu. Jadi rasanya manis seger dengan potongan es batu yang melimpah.


Sate dibakar di muka warung, aromanya tercium sampe ke jalan
Sate Ambal asli punya Pak Kasman loh, makanya rasanya enaakk
Muka warung makan Sate Ambal Cabang Kutowinangun
Sate Ambal kesukaan Gembulnita

Warung Sate Ambal yang berlokasi di Kutowinangun ini sejujurnya sudah menjadi tujuan wisata kulinerku sejak kunjungan pertama satu tahun yang lalu. Ga tau kenapa pas pertama kali ngicip, rasanya kok lumayan syock juga karena waktu itu makannya pas bukan musim Lebaran. Waktu itu, kenanya 2 porsi isi 40 tusuk cuma Rp 40 ribuan. Itu juga udah termasuk kupat sama 2 es teh manis. Jadi waktu Lebaran kemaren, ceritanya aku pengen ngebandingin nih apa harganya masih segitu juga apa udah berubah. 

Daaaan...ternyata uda berubah, cuy. Tadinya aku uda seneng banget andaikan seporsi isi 20 tusuk masih tetep Rp 20 rebu. Yah..mungkin karena hari raya juga kali yes? Jadi dinaikin dikit. Cuma ya kalau diitung-itung masih tetep jauh lebih murah lah ketimbang porsinya sate kota. Di Jabodetabek sendiri nih ya, paling-paling 1 porsi kan isi 10 tusuk itupun dagingnya kecil-kecil, nah si sate Ambal ini 1 porsi isi 20 tusuk, dimana tusuknya dihargai Rp 1.800,-. Kalau dikalikan dengan 30 tusuk silakan dikalikan sendiri--trus uda sama 2 ketupat dan 2 es teh manis gede. Total-total cuma Rp 60 ribuan. Udah gitu potongan dagingnya juga gede-gede. Satu tusukan diisi 3 daging dan 1 kulit ayam kampung (bukan lehor) di ujung dengan racikan bumbu yang cukup meresap. Keempukan dagingnya juga pas, bahkan untuk kulitnya sendiri ga yang kenyel-kenyel undercook seperti kebanyakan sate yang kujumpai di kota besar. 

Sementara itu, sambalnya pun amat sangat unik dan menjadi pembeda telak antara Sate Ambal dengan sate-sate lain. Bumbunya itu berbahan dasar tempe kedele kukus yang dihaluskan. Campurannya kalau dari penerawangan lidah Madam Beby Mbul terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe keriting merah, sama gula jawa, plus garem). Selebihnya ada bumbu rahasia lain, aku ga tau. Tapi yang jelas rasanya manis gurih, pun ketika disiram di atas potongan daging dan kulit sate yang mengkilat karena baluran kecap dan bumbu-bumbu *edun..bahasamu Mbul hahah*. Warnanya juga kuning kecoklatan, dan teksturnya agak encer atau cuer tergantung kayak mana kita mau nuangkeun airnya.


kok merek tehnya bisa beda ya??gelasnya haha
1 piring kupat untuk berdua *antisipasi biar ga kenyang
sambel tempe sate Ambal yang rasanya manis
Rasanya dominan manis
Aku suka bagian kulit yang ada di ujung tusukan

Kupatnya juga enak. Dia ga yang kematangan atau yang terlalu pulen. Jadi pas aja digigit atau ga lembek waktu diiris. Kebetulan kami pesennya juga cuma 2 potong untuk menghindari kekenyangan--yang tetep aja pas disanding di meja keliatan banyak.

E ngomong-ngomong kami pesen 30 tusuk banyak juga yaa? Hahahah..Iya sih, soalnya kebiasaan buruk nih, suka ga antisipasi ama kapasitas perut. Kupikir tadinya mah isinya bakal pas gitu buat 2 orang. E pas semua piring hadir di atas meja, ulalaaaahhh...buanyaakkk banaaa..hhahaha. Apa boleh buat kan, ketimbang mubazir ya kami berusaha habiskan sampe tanpa sisa. Hasilnya, perut langsung full dan ampe perjalanan mudik balik, kami ga mampir-mampir lagi buat makan. Tapi tetep sih, hal tersebut tak mengurangi sedikitpun kecintaanku pada Sate Ambal. Buatku, sate inilah yang paling pas di lidah Jawaku, yang emang cenderung suka dengan yang manis-manis *seperti admin blog iniiihh-->Taboookk*

Semua foto : Doc. pribadi Gustyanita Pratiwi



7 Responses to "Sate Ambal Kebumen Buatku Tetep Paling Enak Sedunia !!"

  1. halo mas triono sapura, atau siapapun yang publish, saya mau tanya kok seluruh artikel dan foto di blog saya (www.gembulnita.blogspot.co.id) kamu copy tanpa seijin saya ya? Mohon untuk pertanggungjawabannya dan dihapus, silakan membuat artikel sendiri ya, jangan mencuri artikel orang lain. Salam

    BalasHapus
  2. wisatakuliner001.blogspot.com telah mencuri seluruh artikel di blog saya www.gembulnita.blogspot.co.id dengan menduplikasi secara autocopy, mohon kepada saudara Triyono saputra yang mempublish artikel di blog ini yang dicopy paste/dicuri mentah-mentah dari blog saya (gembulnita.blogspot.co.id) agar segera menghapus semua artikel yang telah saudara contek.

    Mohon diketahui, berinternet juga ada etikanya, jangan menghalalkan segala cara dengan memanfaatkan tulisan orang lain untuk menjaring adsense, ingat,pendapatan anda jadi tidak berkah.

    Saya membangun blog saya dari awal, dari nol, sampai banyak pengunjungpun saya masih tetap tidak mengincar iklan adsense, kok anda enak banget tinggal nyomot, terus ngarah adsense ya?? dimana letak etikanya???????? !!!! Silakan direnungkan baik-baik ya.

    BalasHapus
  3. BLOG AGC. Haram tuh rejekinya. Mencuri ide orang lain. Demi apa? Adsense? Mengerikan!!!! Klo yg punya tulisan gak ikhlas Anda siapapun pemilik blog ini bisa dituntut di akhirat kelak, karena sekecil apapun akan ada pertangggungjawabanya!!! Jangan demi receh Anda menggadaikan masa depan di akhirat!!!

    BalasHapus
  4. Blog ini kemaren rame dibicarakan di forum. Penasaran siapa yg setega ini mencuri ide/tulisan orang. Sudah buat tulisannya susah payah. Dicopas doang!!!

    BalasHapus
  5. Hallo buat teman teman semua.
    Kini ada sebuah situs web yang lagi booming banget ni.
    ESAQQ kini hadir dengan permainan yang sangat populer loh, buat teman teman jangan lupa ya segera kunjungi web

    ESAQQ, karena banyak hadiah dan ada, Event yang akan di buat oleh ESAQQ.
    klik link di bawah ini ya teman teman buat daftar.
    bit.ly/2JgSMpK

    Di tungggu ya kehadirannya teman teman.

    BalasHapus
  6. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik