Pecel Jantung Pisang




Waktu masih gadis, aku selalu dipesani ibu satu hal, kalo sudah rumah tangga mbok ya yang cakap ngeladenin suami. Atau, kalau pas sowan tempat ibu mertua, mbok ya yang sigrak bantu-bantu. Ngepel kek, masak kek, atau apa. Jangan sampai punya preseden buruk sebagai perempuan. Dan apa jawabku???? Nggiiiihhh Bu.. Haha..sesederhana itu dan mengatakannya pun seolah enteng saja (waktu itu). 



Pecel Jantung Pisang Resep Keluarga Suamiku

Pas menuju waktunya, eaaakkk..ternyata aku baru sadar bahwa orang tua perempuan, khususnya ibu...biarpun anak gadisnya bakal dilepas ke pihak lelaki, tapi tetep ya, yang dijunjung tinggi itu unggah-ungguh kita sebagai istri dan menantu. Dengan kata lain, segitu legowonya, Bapak-Ibu kita manakala ke depannya waktu kita akan banyak tercurah di lingkungan keluarga suami. *tissue mana tissue?

Jadi berbekal pesan ibu yang selalu terngiang di hati itu, akupun bertekad untuk menjadi pribadi yang nice kalo pas maen ke tempat ortu suami. Biasanya hal yang masih aku coba pelajari betul adalah cara memasak. Aku yang sebenernya gampang aja maen srang-sreng-srang-sreng kalo di dapur (sendiri), begitu ketemu Bumer, ya teteup ga ngasal aja masaknya. Tapi mencoba mengamati dan belajar ilmu dari beliau. Kan ceritanya ga slebor gituloh akunya *wkwkwkwk.

Tapi sebenernya skill masak pas di kampung juga banyak keserap dari Tamas sih alias suamiku sendiri, wakakak. Karena kan beliau bisa dikatakan sudah banyak makan asam garam kehidupan. Sudah lulus ujian universitas kehidupanlah. Pokoknya mulai dari hidup yang susah-susah, disepelekan orang, sampai yang sekarang sudah bisa berdikari, beliau uda kenyang banget lah bentukan mentalnya. Makanya, aku yang sedari kecil agak mendingan dari sisi ketersediaan fasilitas hidup waktu itu, juga lambat-laun mulai diajarkan untuk tahu kerasnya kehidupan. Kan ceritanya biar dicetak jadi orang sukses. Makanya kudu tahan banting urusan mental. Kata Tamas : "Kan Mbul mau takcetak jadi Bu Boss kecil, mau ga jadi Bu Boss kecil?"

Haha...(jelas maulah). Ya sapa tau kami nantinya jadi enterpreneur. Aminkan dong ! :D



Enaknya dimakan sama lauk ayam kecap
Mbul semangat menyerap ilmu masak dari suami dan juga Bumer :D

Oh ya, tentang urusan skill memasak tadi, rupanya Pak Suami dulunya juga sudah cakap bantu-bantu maminya urusan masak. Sebenernya model masakan keluarga beliau juga yang simpel-simpel aja. Alamiah pula. Kayak tinggal metik dedaunan apa gitu di kebon--terus rebus, udah-cocolin sambel (baik kacang maupun lombok). 

Nah, pas puasa kemaren juga gitu. Aku diajarin bikin menu yang waktu pertama denger agak menyipitkan mata gitu--HAH JANTUNG PISANG DIPECEL? Jantung pisang dipecel si kayak gimana? Soalnya kan kalo di rumah, ibu sering bikinnya pakai kuah santen, lha ini mau direbus terus dipecel.....Jujur ngebayangin pertama kali rada muskil itu idenya, hahahha.

Tapi ketika dipraktekkan, ulala...malah akunya yang ketagihan. Jadi gini resepnya :

Bahan :

Jantung pisangnya pilih yang gede (biar tengahnya tebel)
kangkung, kobis, daun pepaya, daun singkong
daun so (melinjo)
Bumbu pecel hasil tumbukan Bumer sendiri

2 buah jantung pisang ukuran besar (cari yang uda berbuah ya)
1 ikat daun pepaya (jantan, kata Pak Mertua biar rasanya ga gitu pahit)
1/4 glundung kobis
1 ikat daun singkong
1 ikat kangkung 
1 genggam daun so (melinjo)
Bumbu kacang

Tahapan Memasak :

Rebus semua sayuran dimulai dari bahan yang paling keras terksturnya seperti daun pepaya, daun singkong, jantung pisang, kangkung, daun melinjo, hingga kobis. Untuk kobis, masaknya sebentar aja ya, karena cuma dia yang lekas masak. Oh iya, pas ngrebusnya itu, usahakan masuk pas air dalam panci sudah bergolak-golak sehingga tingkat kematangannya pas dan ga gitu overcook. Terakhir, cocolin deh sama bumbu pecel bikinan Bumer yang langsung tumbuk dari alu dan lumpang.


Rebus daun kobisnya belakangan ya, rebus cepet aja
Ni rebusan yang dah jadi
Ga usah dipotong-potong karena uda empuk jantung pisangnya
Sungguh menu yang sangat sehat *rebus-rebusan red
Ntapppp abezz

Rasanya? Jujur aku mikirnya kayak daging ya, wkwkwk *norak. Apalagi yang bagian lipetan tengahnya, uh itu enak banget. Karena pas masaknya emang diceki-ceki pake garpu untuk mengetahui tingkat keempukannya. Dedauan yang lainnya juga enak. Asli alami parah. Baru kali ini gue merasa hidup diantara kehidupan yang sehat jauh dari kolesterol, wkwkwkw..

Oh iya, pas nyobainnya, sengaja kutambahin lauk ayam kecap (yang resepnya kuposting nanti), dan remahan peyek tepung beras. Uh....sedep banget lah pokoknya.

Penasaran? Cobain aja ! :-D



 


2 Responses to "Pecel Jantung Pisang"

  1. halo mas triono sapura, atau siapapun yang publish, saya mau tanya kok seluruh artikel dan foto di blog saya (www.gembulnita.blogspot.co.id) kamu copy tanpa seijin saya ya? Mohon untuk pertanggungjawabannya dan dihapus, silakan membuat artikel sendiri ya, jangan mencuri artikel orang lain. Salam

    Saudara admin wisatakuliner001.blogspot.com seHARUSNYA MENCANTUMKAN LINK, MASA JIPLAK MENTAH2 GITU , MALUUUUUUUUU itu foto saya kamu jiplak semua berikut cerita-ceritanya, sedih dan miris..lihatnya. http://gembulnita.blogspot.co.id/

    BalasHapus

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik