Gimbal Udang Bikinan Ibu





Transit Hari Pertama Mudik di Tempat Mertua

Setelah berkutat belasan jam dari Tangerang-Jateng, akhirnya kami tiba juga di kediaman orang tua suami di daerah Dlangu, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo. Sampe sana kira-kira pukul 7 lebih sedikit yang bertepatan dengan orang-orang pergi tarawih. Aku dan Tamas uda nebak kalo rumah bakalan kosong, dan bapak ibu baru pulang jamaah sekitar pukul 21.00 WIB. Akhirnya kami musti nunggu 2 jam di teras samping rumah yang beralaskan semen.

Gimbal udang bikinan ibuku enakkkkk banget


Tiba-tiba saja hujan turun dengan derasnya. Yang tadinya cuma gerimis tipis-tipis, lama-kelamaan turun dengan intensitas yang lumayan rapat. Kami pun terpaksa ngetem di dalam mobil. Sementara angin di luar sana bertiup kencang ditambah bebunyian air yang berasa kayak ditampar-tampar oleh dedaunan dari balik pohon. Pohon-pohon ini rasa-rasanya kayak mengingatkanku pada pohon-pohon berjalan yang ada di film The Lord Of The Ring. Habisan beneran tinggi dan rapat-rapat. Cabangnya kayak bayangan tangan yang kadang-kadang berayun seperti orang menari saat terkena guyuran hujan. Sempet terlintas dalam kepala kalo-kalo bakal muncul bayangan putih dari balik sana, karena jujur saja suasananya cukup gelap. 324r75557765421 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons
Rumah masa kecil suami ini emang aslinya dikelilingi pekarangan dengan jarak rumah antar tetangga yang cukup jauh. Ya, paling-paling yang deket cuma tempat Budhe samping. Di depan pekarangan kan ada rumah simbah yang sekarang jadi suwung alias kosong tak berpenghuni, sementara di belakangnya ada rumpun bambu yang cukup lebat--dimana dalam bayanganku selama ini, rumpun bambu itu identik dengan sarang Hihih(baca : putih-putih)....hahahha. Apalagi, belakangnya lagi juga tambah gelap karena berbatasan langsung dengan Kali Mbutuh yang bersebelahan dengan ladang jagung dan tegalan. Biasanya kan di film horrorbarat, settingan tempatnya kebanyakan di ladang jagung, bahahahhaha.... *kebanyakan nonton film*. 

Tapi aslinya, rumah Dlangu ini asri kok, semua aman terkendali.

nungguin ujan dalam mobil sambil nyemilin cimplung (singkong gula)

Oh ya, tapi berkat hujan yang turun tadi, suasana mendadak jadi romantis loh. Beratapkan kanopi mobil, mesin aki kemudian dimatikan dan kaca jendela sedikit diturunkan. Sambil pillowtalk (emang yes, gue mudik bawanya bantal), kami menikmati aroma hujan yang basah dan khidmat. Sesekali dari kejauhan terdengar suara kodok dan jangkrik yang berkoor mesra membelah langit malam Dukuh Dlangu. Kami berbincang apapun, mulai dari bahasan penting sampe ga penting. Kami ngomongin politik, ekonomi, sosbud, hankam...deng engga.., pemerataan pembangunan era Jokowi, sampai gombal-gambil pasutri yang berasa dunia milik berdua, yang lain ngontrak, hahah..

Aku ga tau....tapi rasanya ngobrol lepas tentang apa aja, tanpa terpengaruh gadget tuh rasanya syahduuuu banget.

“Istriku kalo diamat-amatin yo sebenere tambah cantik sih....”

Eaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkk..

“Tapi aku tambah endut kan Tamas?”

“Masa aku puasa, angka timbangan ga ada turun 1 kilopun...”

“Yo malah manteb nuw...kan aku sukanya yang bulet-bulet. Sing bulet malah sing sexy.”

Ternyata bahagia itu sesederhana itu ya...

Ga terasa kami ndekem dalam mobil sampai akhirnya dari kaca jendela terpantul sorot lampu senter seseorang... *KITAH DIGREBEK SATPOL PEPE...Deng boong hahaha*. 

Pulang kampung itu siap2 dikatain : kok gemukan ya? Termasuk aku

Wah Ibuk Dlangu udah datang. Horaaayyy. Kami pun berhamburan keluar mobil sambil cium tangan dan masuk ke dalam rumah. Kardus-kardus parcel bawaan kami, kami turunkan...kami persembahkan di hadapan Beliau hingga kemudian 2 gelas besar berisi teh panas menguarkan aroma lembut di hadapan kami. “Minum teh dulu, biar ga kembung...”
Hmmm.... aku rasa tehnya lain dari yang selama ini aku seduh di kota. Wanginya beda. Rasanya enak. Damainya hidup di desa.

Meski malam telah larut, tapi sesi ngobrol-ngobrol cantik dengan Bumer tetep lanjut. Saling bertanya kabar, sambil menunggu Pakmer pulang tadarusan. Yah, soalnya kami ngepas pulang pas Malam Kamisan gitu. Jadi pas jadwalnya Pakmer ngaji di musolah depan. Kebetulan Pakmer dan Bumer tarawihnya beda tempat. Sengaja dibagi-bagi karena jumlah mushola di kampung ini banyak. Jadi biar adil gitu. Kami ngobrol sejaman sampai akhirnya kantuk menyerang. Bebarengan dengan itu pula Pakmer rawuh dari mushola dengan masih berlilitkan sarung. Abis itu kami salim, terus pamit bobok karena utang tidur kami selama mudik lumayan juga hihi.


Hari Kedua Mudik di Tempat Orang Tuaku

Rule of the game keluarga kami emang modelnya demokratis. Ga kudu saklek yang harus ini ato itu, tapi disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Seperti halnya jatah nginep selama mudik. Biar adil, ya semuanya kudu dapet. Toh, jarak rumah ortu dan mertua cuma berjarak sekian kilo saja. Maka, ada hari-hari yang kami khususkan ngumpul bareng mertua, ada juga hari-hari yang kami khususkan buat ngumpul dengan bapak ibu. Ya masa, mentang-mentang uda merried, keluarga sendiri ga ditengokin kan ya kasihan juga, hihihi...Jadi impas, adil. Semua bisa merasakan kebahagiaan secara lengkap.

Setelah sehari nginep di tempat mertua di Dlangu, tiba giliran kami untuk sowan ke rumah ortuku di Prembun. Ceritanya absen dulu kan. Masa uda nyampe kampung cuma 1 tok yang diinepin xixixix..Sebenernya kami sengaja begini karena biar sama-sama ngerasain puasa di tempat masing-masing sih, sekalian mau dropparcel juga biar mobil terasa lapang. 

Jadi pas Kamisnya itu, kami cuz ke kota yang terkenal akan bengkoangnya yakni Prembun, tempat dimana aku dibesarkan. Kami ke sana agak sorean, ngepas banget pas mau buka.

Dan tau ga sih, ibuku itu surprise banget dengan kedatanganku. Karena sebelumnya kan aku ga kabar-kabar kalo mau pulang tanggal sekian. Ketambahan, pas disms beberapa hari lalu dan ditanyain uda dapat tiket mudik ato belom aku nyante aja jawab belom, hahahahahha... Kalo ga karena dipanikin kakakku pas Hpku dalam keadaan SOS, mungkin ibu juga ga bakal tau aku uda nyampe kampung H-7 sebelom Lebaran.

Balik lagi setelah setahun ga pulkam, rasanya suasana rumah agak beda. Banyak perabot yang makin menyesaki beberapa space ruangan yang menjadikan rumah terasa sempit. Ada 1-2 lemari baru yang ditaroh di beberapa sisi, hingga membuatku ngebatin...Ibu mah paling suka ngoleksi barang lama, ampe pas ada barang baru lagi, keadaan rumah udah semakin berjubel *mirip Gang Kelinci*.

Adekku sekarang juga uda tambah tinggi. Sial, bisa-bisa aku kesalip nih. Meski tetep kelakuannya masih kayak anak SD. Yah, bagiku si bontot ini selalu sama, paling yang kuheran...dia ini cerdasnya suka ga kira-kira. Tau-tau aja uda lulus UN, padahal baru SMA 2 tahun (masuk aksel red), dan lulus SMPTN untuk jurusan kedokteran, UNS. Sungguh kakak yang sangat gumunan ngeliat kemajuan pikir adeknya yang dulu nesuan ini hahahha...

Oh iya, pas pulang ke Prembun hari pertama itu, kebetulan Bapak lagi ngurus sertifikasi di Jogja. Ada masalah administrasi yang ga beres agaknya. Padahal beberapa tahun lagi kan buat persiapan pensiun. Makanya ke Jogjanya ini rada ndadak. Jadi Ibu yang baru pulang dines agak kether (keteteran) nyiapin bukaan bareng si Kunyut. Hm....dalam hatiku berkata...Ya Alloh, sehatkanlah terus Ibu dan Bapakku yang tiap tahun bertambah sepuh ini...amin *lap ingus...gue terharu*.324r75557765430 47 Super cute pig emoticons gif pig emoticons

tumis kerang tahu made in tangan ibuku
Enak tenaaan
Rasa kunyitnya endeeeus


Tanpa diminta, akupun ikutan membantu. Apa sih yang mau disajikan ibu buat menyambut anak wedoknya ini setelah setahun ga pulkam? Haseg....ternyata dibikinin gimbal udang (udang goreng tepung) sama sayur kerang. Ibu sempet kuatir sih, en nanya : “Kira-kira aku alergi ga?” Soalnya kan pas SMA aku alergi makanan laut. Aku jawab, nggak dong. Kan sekarang dilatih Tamas biar sahabatan ama seafood.

Gimbal udang bikinan Ibu ini juara banget. Yaiyalah tinggal makan aja kamu, Mbul. Abisan kangen, masakan ibu setelah 2 tahunan ini berperang dengan masakan sendiri yang kadang masih jadi kelinci percobaan untuk dicobain Tamas, wkwkwk. Resepnya praktis. Cari udang yangukuran gede...terus bumbuin pake bumbu ikan goreng (kunyitnya yang banyak), balurin tepung, udah goreng, sreeeng !! 

Dibikinin otak-otak sama adekku
buka sama kue kenduri (sekarang kenduri modelnya pake kue)

Kalo tumis kerangnya standar sih ya. Bumbu tumisan biasa. Kuncinya ada di kecap sih yang menjadikan masakan manis pedesnya pas. Sebagai tambahannya, si Kunyut sengaja gorengin otak-otak yang dalam hitungan menit paska bedug buka langsung habis masuk ke perut. Uda gitu ketambahan ada kendurian kue dari tetangga. Aih......indahnya berkumpul dengan keluarga.


Nantikan ceritaku selanjutnya tentang kulineran waktu mudik dan jelang Lebaran ya

1 Response to "Gimbal Udang Bikinan Ibu"

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik