Gembus



Salah satu jajanan wajib yang masuk list pulkam adalah gembus. Bukan !! Yang ini bukan tempe gembus, melainkan penganan tradisional asal Cilacap (yang tentunya juga banyak dijumpai di kediamanku Prembun, Kebumen). Kalo di Purworejo namanya binggel. Yang suka wayangan pasti paham deh dengan donat 'Jawa' satu ini yang berbahan dasar singkong (kanji). Bentuknya pun sangat khas, yaitu mirip lanthing, namun dalam versi basah. Karena kan kalo lanthing teksurnya keras (kering). 

Aku suka gembus goreng dari Kebumen...

Warna gembus putih, teksturnya kenyal. Cocok dimakan selagi panas dan baru mentas dari atas wajan. Gembus yang sudah mendingin biasanya akan menjadi alot dan susah dikunyah. Itulah mengapa, sehabis membeli gembus, biasanya aku selalu cepet-cepetan lomba sama adek, kakak, suami, ato pun ibu buat menghabiskannya.

Gembus ada yang dijual mentahan, ada pula yang dijual siap saji alias digoreng. Aku sendiri lebih suka membeli jadi karena takut salah dalam hal menggoreng. Pernah, aku beli 1 set gembus mentah di Pasar Kutoarjo untuk dibawa pas mudik balik, tapi sampai Tangerang malah kacau menggorengnya. Entah gimana teknik yang benar, yang jelas gembus yang kuhasilkan malah lebih mirip kayak cireng. Bentuknya sudah apakabar karena ketahan lama di dalam mobil hingga menghabiskan waktu 2 harian. Itulah mengapa bentuknya sudah bukan menyerupai donat lagi, tapi nyatu layaknya cireng, wkwkw.


Gembus mentah, waktu cari di Pasar Kutoarjo
Gembus goreng berbahan dasar singkong
Sepiring gembus biasanya paling enak dimakan dalam keadaan panas

 
Kalo gembus yang sudah matang, aku belinya pas mudik hari kedua di tempat ortu (Prembun). Setelah mengantarkan Ibu buka bersama dengan anggota PNPM Desa, aku usul untuk sekalian cari jajanan berbuka. Karena kesian juga si Kunyut, adekku. Kan dia jarang yang namanya jajan di luar. Mangkanya sekalian pulang, hayok deh puas-puasin minta traktiran sama kakakknya yang cantik lagi baik hati ini *preettt*. 

Jadi ketika lewat di pertigaan Wadaslintang, depannya SMA Negeri 1 Prembun--SMA-ku dan suami dulu (ciyeh)...., kebetulan kami liat ibu-ibu jualan gembus. Akupun antusias dan minta menepi sebentar buat beli gocengan. Biasa, hasrat pengen foto-foto kek koran yang lagi ngeliput kulineran tumbuh. Entah kenapa aku suka banget motret candid pedagang-pedagang makanan yang dagangannya ini unik-unik. Kayak pedagang gembus ini. Yang cara masaknya bisa ditonton live dengan media penggorengan menggunakan tungku gerabah, dan senthir yang berguna sebagai penerang jika toh harus berjualan sampe malam hari. Selain itu, gembus-gembus putih yang mengembang setelah mandi minyak dalam wajan besar emang penampilannya minta dicomot banget, hihihi.

Kalian sendiri uda pernah makan gembus blom?


 

2 Responses to "Gembus"

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik