Menu Buka Puasa dan Sahur Ala Mbul (Bagian 2)





Jyah, uda hitung mundur menuju Lebaran, 
Beby Mbull masih ngepost menu bukaan ama sahur aja . 
Yang lain uda pada ngepost tema mudik ama kue hari raya. 
Apa kabar kamu Mbul??? 
*tetep lempeng*

Sop buah tuk berbuka puasa...Tsadaappppp

Gapapa lah ya.
Kadung punya utang gegara kemaren nulis Menu Sahur pake part-part-an segala. 
Hahaha.. 
Yaudah, lanjut aja deh ini part ke-2 nya. 
Ya walo dimulainya hari ke-1 puasa juga. 
Maklum pas nulis part pertama kan cuma range-rangean sebelum puasa. 
Oke deh, langsung aja..ini dia list menu sahur dan buka puasa versiku :

Hari ke-1 

Hari pertama, aku masak yang simpel-simpel aja. Bahkan sebagian lauknya juga ada yang beli, yakni cumi goreng tepung. Maklum boook..pas beli di warung tenda malem-malem, uda keburu kekenyangan. Yaudah alhasil bungkus aja itu cumi. 

Kalo tumis kacang? Gampang lah ya. Bumbunya mah cuma bawang merah, bawang putih, cabe, gula, garem, oseng. Yang susah adalah, kalo pengen matengnya pas, tu kacang biasanya jadi warna coklat--yang artinya jelek kalo difoto (UH WOW). Nah, ini ceritanya biar sekalian cakep ketika difoto pleuss......ga berkurang banyak nilai gizinya, maka aku osengnya ga sampe overcook aja hahhahaha *cemerlang kan idenya???

Gampaaarrr !!! :D


Hari ke-2

Hari kedua agak effort karena sosoan mau bikin lauk perkedel--yang kita tahu bahwa bikinnya itu ribet. Hahahha. Tapi namanya juga pantang menyerah (ciyeh), akhirnya dibikin juga kan. Eh, resepnya udah aku tulis ya pas kapan hari. Nah, step-stepnya bisa diintip di situ. Kalo sayurnya, aku bikin yang praktis aja yaitu tumis labu siem. Emang sih....bentuknya rada kacau, secara aku ga punya serutan labu yang bisa bikin bentuknya jadi kayak korek api. Ya udah, aku potong manual aja. Hasilnya kayak yang ada di foto. 

Perkedel kentang dan sayur tumis labu siam (walo jipang)
Liatin juga ah dessertnya ada kolang kaling ama anggur

Hari ke-3

Nah, mungkin karena lagi-lagi pengen yang praktis tapi enak, akhirnya Hayati bikin sambel tempe aja Bang. Eh....maksudnya abangnya Hayati ding yang bikin sambel tempenya. Abang Hayati = Suamiku sendiri gitu loh, hahahahhaha...
Resepnya juga sudah aku tulis tempo hari, bisa kalian kubek-kubek sendiri ya biar aku ga nulis dua kali *okesip

Nasi panas dan sambel tempe pedas
Resepnya dah kukasih ya kemaren

Hari ke-4

Hari ke-4 uda mulai panik kehabisan ide. Ya udah karena nemu di pasarnya cuma pare ama tempe, jadi Mbul sikat aja itu bahan untuk sajian sahur dan buka. Untuk pare, sama nih kejadiannya kayak kacang panjang. Dia kalo dimasak agak lunak jatohnya jadi kecoklatan-yang artinya kurang ciamik pas difoto. Tapi kalo ga gitu bakal pait bu, jadi apa bole buat la yaaaa??

Tempe goreng dan tumis pare

Hari ke-5

Hari ke-5 pengen kuah-kuahan aja deh ya. Seret. Dari kemaren tumis-tumisan mulu. Ya udah Mbul bikin sop aja sama telor dadar gembul kayak di foto. Sopnya standar internesyenel sih ya. Apa yang ada di kulkas masukin, at least kudu ada wortel, kubis, sama daun bawang. Nah, tumben-tumbenan aku sengaja irisin bawang gorengnya rada banyakan. Ya biar kerasa gurih gitulah. Adapun telor dadarnya, kenapa bisa gendut begitu? Karena aku pakenya 2 butir terus dibikin tumpuk, jadi berasa padet gitulah cem telor dadarnya masakan padang.

Telor dadar dan sop

Hari ke-6

Hari ke-6, adanya cuma jamur. Bisanya dibikin apa ya kalo jamur? Ya praktisnya lagi-lagi tumis gitu sih. Kali ini aku campurin pake putren (jagung muda) biar keliatan ada seninya *ciyehh...Terus kalo lauknya, sengaja beli ati ayam buat dibikin sambel goreng ati kentang. Yah buat jaga-jaga sih, biar sahur ga nguplek lauk lagi. Sambel goreng ati kan bisa ngerangkap jadi lauk selain dia sendiri adalah sayur *ribet banget ya bahasanya*. Nah, kalo resep masakan rempong yang satu ini kapan-kapan deh ya aku publish.

Tumis jamur campur putren
Sambel goreng ati kentang

Hari ke-7

Waktu itu pernah yang namanya ngebeeet banget pengen beli rebung. Eh di Superindo ada dong. Yaudah beli aja 3 bungkus *eneg-eneg tuh, kebanyakan ngambil hahha*
Nah, eksekusinya paling aman sih ditumis. Model tumisnya, sengaja kubanyakin cabe ijonya biar kerasa pedes di lidah. Kalau lauknya, hmmmm...ayam krispi di foto itu beli. Hahhahahah. Iya soalnya Hari Minggu kan jatahnya aku dikasi bonus jajan sama Pak Suami dan aku requestnya ayam Sogil aja yang murah tapi gede.

tumis rebung
ayam krispi
pas dijejerin...

Hari ke-8

Hari ke-8 uda mulai aras-arasen masak. wakakakkak...manusiawi sih ya...mungkin pengen makan di luar *elaah alesan !!. Hmm karena males yang ribet-ribet, begitu nemu kecipir, aku beli aja tuh buat direbus. Kan gampang. Lauknya tempe goreng, cocolin sambel ABC jadi, udah deh, beres. Hahahhaha...dasar malessss !!

kecipir rebus dan tempe goreng
disebut mendoan ga patut, yadah tempe tepung aja lah haha

Hari ke-9

Hari ke-9, aku sengaja tumis kulit melinjo biar difotonya keliatan cantik dan cerah....(((appppaaaahhh???))) Enggak ding, maksudnya karena uda blank aja mau masak apa. Ya udah eksekusi aja kulit melinjo yang dah dibeli dari pasar yang banyaknya setengah kilo (ini salah Tamas), terus dikasi kecambah biar cantik. Lauknya? Lagi-lagi tempe, dan untunglah ada telor asin biar ga bosen-bosen amat. Hahhahah

tangkil melinjo kecambah
paduan lauknya tempe (lagi) ama telor asin
Ciyeee piringnya berdua-duaan ..

Hari ke-10

Sebenernya lupa waktu itu masak apa. Cuma karena ada foto masakan tumis bunga pepaya, ya udah masukin aja buat genep-genep. Cuma sayang, aku blom nemu cara buat ngilangin efek pahitnya ini (dalam arti masakanku yang ini rada gagal). Mungkin lain kali harus banyak tanya dulu kali ya, biar ga sia-sia uda ngeborong seperempat kilo bunga paya. Lauknya, paling gampil ya dadar lagi sih.

dadar telor
tumis bunga pepaya

Hari ke-11

Tiada hari tanpa telor.. Yeay !!! Mungkin itu yang ada di pikiran kalian. Iya sih. Hahahah.. Biarin deh, yang penting jangan sampe bisulan gegara makan telor. Kalo sayurnya, lagi-lagi masak rebung sih (ngabisin stok). Yah gitu deh ampe kerasa bosen, Jenderal !!! Tapi apapun itu, tetep kami syukuri karena masih bisa makan layak *tumben ya gue bijak*. Eh itu, esnya beli...beli di abang-abang deket taman depan. Rasanya seger, cuman sayang ga pake naga merah, huft.

Telor dadar (agaiiin??) dan tumis rebung
Es buah beli, kolang-kalingnya bikin ndiri tapi

Hari ke-12

Episode kali ini ngabisin tangkil atau bahasa gampangnya kulit melinjo. Pengen bikin sesuatu yang beda akhirnya aku bikin aja jadi lodeh. Isinya, kulit melinjo (jelas lah), rebung (lagiii???), kacang panjang, tempe, ama kentang. Wes mbuh kui lodeh apa sing penting keno dipangan, huahahhahahah. Lauknya telor asin (masih ya, ngabisin). Sedangkan dessertnya sop buah (kasi kolang-kaling bikinan sendiri).

lodeh melinjo rebung kacang panjang, telor asin, es buah
Berdua denganmu..pasti lebih baikk..aku yakin itu..*song*
Uda instagrammable blon?

Hari ke-13

Hari ke-13, the horror number...rasanya kali ini beneran males masak. Yaudah lah ya, solusi terakhir bikin mie goreng. "Ampuni Baim Ya Alloh :D...Baim cuma pingin menyambung hidup...."

 Oh ya, kalo urusan mie, Pak Suami suka request telor mata sapi yang setengah mateng. Sementara aku?? Aku jelas pilih yang full mateng dong...tapi sayang waktu itu aku ga pake telor. Uda habis aja soalnya. Dan sebagai istri yang baik, ya pesti nyediain lauk yang paling lengkap buat suaminya lah ya...diri sendiri mah cukup sama mienya ajah wkwkkwk *pencitraan*. Oh ya, mie gorengnya juga sengaja aku taburkeun irisan rawit ijo kecil-kecil sih, biar pada kena ranjau *jahat-banget-emang.

Akhirnya pecah juga indomie bungkusnya hahah
Irisan rawitnya ngeledek ya?
Aduk dulu bumbu instannya

Hari ke-14

Hari-hari selanjutnya, sepertinya Beby Mbull mulai kehilangan arah memasak...Hahahahhaha.. Ya, kali ini cuma bisa numis kacang panjang, terus ngabisin sisa telor asin (yang kok ga abis-abis, padahal kurang masir), sama ngegoreng otak-otak dari supermarket yang kudu berpacu dengan tanggal expired.. Sungguh perjuangan memasak yang cukup melelahkan ya pemirza..

Tumis kacang panjang, telor asin, otak-otak
sop buah manis (kayak admin)

Hari ke-15

Di kulkas cuma ada beberapa potong tempe gembus. Ntahlah yang bener apa, tempe gembus apa tempe kabul, soalnya Tamas bilang itu tempe kabul *penting ya jadi ajang debat wkkw*. Jadi karena nemunya itu, maka yang aku lakukan hanya bia menggorengnya dengan sepenuh hati. Sayurnya...teteup ngabisin kulit mlinjo, yang abis ini--selama 3 bulan ke depan aku ogah ketemu ama si kulit merah ini hahhahaha...

Ini tempe gembus loh, bukan pisang goreng
tempe gembus goreng tepung dan lodeh (opor kali) melinjo

Hari ke-16

Tempe gembusnya juga masih ada cuy. Kacang panjangnya tinggal dikit lagi. Makanya langsung aja hajar pake cara tumislah segalaanyaaa....cinta untukmuuu...hooo oo ooo *kampret malah nyanyi*

Nah, si tumis tempe gembus ini biar enak kasih kecap juga ya, biar ga hambar-hambar amat. Terus lauknya apa bund??? ahelah...yang ada aja dah...di lemari kan ada tuh tepung bakwan, udah pake itu aja--bikin jadi bakwan sayur ala abang-abang gorengan. Okesip !

Tumis tempe gembus kacang panjang
Plating...(aturan bowling yes?)
Bakwan sayur ala abang-abang gorengan (tapi ini bikin loh)

Hari ke-17

Uda tengah-tengah Romadhon, hawa-hawanya uda kampung halaman ya bookkk. Nafsu memasak pun ikutan minggat wakakaka... Yaudah lah yang praktis aja kita mah orangnya, masak aja tumis jamur...terus ngabisin stok kolek juga yang porsinya satu panci gede ituh *maklum Mbul khilap*

Tumis jamur, tahu balado, ati goreng, kolek
Es buah yang menggoda

Hari ke-18

Soppp ayaaam timeee !!! Tiba-tiba suatu hari ngerasa antusias sama ayam yang ada di pasar, Terus Beby Mbul sosoan mau bikin sop ayam. Bumbunya? Berguru sama Mbah gugle. Yang penting jadi aja dah....Resepnya tar nyusul. Kali ini ga ada lauk. Uda bokek dompet adek Bang...

Sop ceker

Hari ke-19

Hore-hore-hore, uda mau kelar ngetiknya...(salah sendiri bikin point masakan ampe 20 biji Mbul), hahhaa...

Di hari ke-19, sengaja Suamiku pesen baby buncis ala-ala (yang kayak ada di resto China). Cuman aku ragu apa yang kami beli di pasar itu baby buncis? Soalnya setahuku diameternya kan jauh lebih kecil, cuma si Duta Sheila on 7-ku alias ayang suami tercinta ini tetep ngeyel kalo itu baby buncis. Oke deh... sing waras ngalah hahhahahahah.... 

Selain itu aku juga masakin sop ayam (ngangetin lebih tepatnya, karena yang kemaren belom abis), sama bikin tempe goreng.

Sop ayam, tumis baby buncis, tempe goreng
Sop ayam ala gue
Baby buncis siram ayam cincang

Hari ke-20

Alhamduuuulilaaahhh dah nyampe point 20 *pijitin jari, pegel*.
Kali ini mau bikin lodeh yang seeeenormal-normalnya tampilan lodeh. Maklum yang sebelomnya kan kukasih kunyit, jadi dikira Tamas bikin opor *helloooww???*
Hahahhaha... 

Jadi lodeh kali ini isinya terong, jagung manis (pilih yang gede-gede biar cantik pas difoto), sama labu siem. Udah deh. Bumbunya tinggal nyontek gugle (kayak kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garem, uleg jadi satu...teruuuus masukin kuah santan encer). Lainnya, paling aku goreng jamur krispi buat gurih-gurih. E ngomong-ngomong itu tanpa telur ya (maklum telurnya abis).

Jamur krispy goreng (without telur)
Jamur krispi dan lodeh terong
Cantik ya? (jagung yang ada di lodehnya...)

Nah, kiranya itu dulu deh menu masakan Mbul dari awal hingga tengah-tengah Ramadhan. Ada resep yang kiranya aneh ato wagu (matching-matchingin) ama lauknya, harap dimaklumin. Mbul memang bukan murid masak Om Williem Wongso nih hahahhah...Jadi gitu deh.

Kalo temen-temen sendiri, dari sekian masakanku di atas mana yang tampilannnya paling cantik *loh?*

Hahahahahhahah.. Uda dulu yah. Yudadabubaii..





2 Responses to "Menu Buka Puasa dan Sahur Ala Mbul (Bagian 2)"

  1. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik