Contoh Menu Masakanku (Di Tanggal Tua)



Assalamualaikum sobat Mbul semua, 

Ga terasa ya, tanggalan kayak lari aja. Cepet banget sampe udah mau penghabisan Januari. Rasanya baru kemaren deh rame-rame terompet tahun baru, kok ya udah tanggal tua lagi, hahahhasemb...#serem...

Sebagai mantan anak kos yang kreatif bin inovatif, tentunya ketika peran IRT melekat pada badan yang gembul ini, aku ga kaget dong kalo musti berhadapan dengan tanggal tua. Yang jelas, kita kudu pinter-pinter memanfaatkan bahan makanan yang ada untuk dijadikan menu. Yah, setidaknya yang gampang-gampang aja ya, biar gampang dipraktekin ama ibu-ibu muda yang ga pinter masak kayak sayah...hua hua hua.

Ni dia contoh hasil eksperimen menggunakan makanan yang ada di kulkas. 

Menu Hari ke-1

Telor Dadar, Pete Goreng, Sambel Tomat

Namanya juga lagi kepepet Buukkk....kalo yang ada di kulkas tinggal perintilan kayak gini sih, aku ga mau pusing-pusing orangnya. Tinggal eksekusi sekelas menu yang ada di resto sambel-sambelan #alibi...maka jadilah menu sederhana ini. 




Dadar telor versiku biasanya memanfaatkan 2 butir saja, diublek-ublek (elaaahh jelek amat yak bahasanya), terus campurin daun bawang (kalo ada). Jangan lupa tambahkan garam dan sedikit Royko sebagai penambah gurih.

Untuk sambelnyo, kebetulan Ndoro Kakung Tamas yang biasanya telaten mengeksekusi dengan porsi besar. Biasalah bahan dasarnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe, dan tomat yang telah digoreng. Jangan lupa, taburi garam di finishingnya. Sebagai pelengkap, pete goreng (setengah mateng) bisa jadi alternatif buat cocol-cocol cantik di atas piring, mueheheh.

Menu Hari ke-2
Sambel Jengkol Cabe Ijo Teri
Kali ini aku akan memanfaatkan saudaranya Pete, siapa lagi kalau bukan jengkol. Dengan menambahkan essense teri nasi sebagai pelengkapnya, dijamin murah meriah tapi juga menggugah selera loh gaes. 
Tahapannya gini :
Copot cangkang jengkol dengan cara direbus sampai lunak. Setelah tiris, goreng hingga matang.Goreng teri nasi sampai kecokelatan.Uleg cabe ijo yang gede-gede dengan tekstur kasar, masukkan jengkol dan teri goreng ke dalamnya dan bubuhkan sedikit garam.
Mantaaaabbbb            







Menu Hari ke-3
Telur Bulet Balado, Tempe Bacem, Cemilan Tape Goreng
Duh....kalau yang ada di kulkas tinggal telur kadang agak bikin mikir juga sih. Secara bosen lah kalu ujung-ujungnya cuma diceplok atau didadar. Sebagai variasi, aku bikin telur balado ajah. 
Telur Balado
Tinggal rebus telur ayam. Copot kulitnya.Bikin sambal balado (bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, kemiri, garam yang ditumbuk halus).Tumis bumbu balado sampai harum, masukkan santan sedikit demi sedikit. Masukkan telur.Tunggu sampai mendidih.


Tempe Bacem
Iris-iris tempe
Buat bumbu bacemnya (tumbuk ketumbar, bawang merah, bawang putih yang dicemplungkan ke didihan berisi gula merah, salam dan lengkuas). Masukkan tempe ke dalam bumbu. Setelah meresap goreng hingga kecoklatan Sebagai cemilan lainnya, mumpung masih ada tape...yaudin...tinggal goreng aja cuuuzz.



Menu Hari ke-4
Tempe Mendoan, Tumis Bayam
Tempe Mendoan (sebenernya lebih pas disebut tempe tepung biasa sih, secara agak gagal gitu bentuknya, wakakak). Iris tempe tipis-tipis (ngirit book). Uleg bawang putih dan garam, lalu dikasih air. Celup-celup tempe ke dalam bumbu hingga rata. Uleg bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam untuk campuran ke dalam tepung terigu. Tambahkan air. Masukkan tempe, Goreng hingga keemasan.
Untuk tumis bayam, sebenarnya ini masakan yang cukup dikomplen sih, mengingat ga begitu bersahabat di lidah. Ya agak mirip kangkung tapi lebih alot hahah... Tadinya Cuma eksperimen doang, tapiuntuk selanjutnya dilarang bikin lagi, huahahahha...














Menu Hari ke-5
Tahu Berontak, Sop, Mangga Harumanis
Tahu Beontak itu lebih gampangnya disebut tahu isi. Ya, walo di daerah asalku disebutnya tahu berontak, entahlah hahhaa... Cara bikinnya lumayan ruwet karena kebetulan di pasar pas lagi ga nemu tahu cokelat. Akhirnya dengan terpaksa menggunakan tahu kuning. 
Caranya :
Potong segitiga tiap tahu. Iris bagian tengahnya untuk isian Uleg bawang putih dan garam yang telah dicampurkan dengan air. Uleni tahu ke dalamnya. Isi tahu (Iris tipis wortel, tauge, kobis, tumis sebentar). Masukkan tiap tahu dengan tumisan tersebut. Lumuri dengan tepung. Goreng hingga keemasan.





Sopnya standar aja ya...semua orang dijamin udah paham hahahha...Oya, jangan lupa tambahkan buah mangga sebagai buah pencuci mulut.
Menu Hari ke-6
Nasi Goreng Terasi
Berhubung yang tersisa tinggal nasi yang udah peraaaa banget, yaudah eksekusi ae jadi nasi goreng ala-ala, hahhah...
Bumbunya gampang buuukk. Haluskan bawang merah, bawang putih, n cabe rawit...tumis hingga harum. tambahkan terasi...masak...campurkan nasi, osek-osek hingga rata.Tambahkan telor ceplok dan pete
Nyuuummm...



Menu Hari ke-7
Tumis Kacang Panjang, Bakwan 
Masakan yang paling gampang tu tumis-tumisan ya, Segalanya jadi dah, kalo uda khatam bumbu tumis yang sedep. Kan tinggal cemplung-cemplungin tu sayur hehheh...
Bakwan juga gampang sih. Asal ada tepung bumbu praktik serba guna, tambahin irisan kobis ama wortel berezzz dah...Jadi kepikiran, itu tukang gorengan ngambil untungnya gede juga ya, masa 2000 isi 3..Lah, yang dijual porsinya kucrit-kucrit..ga kayak bikinan eyke...minyaknya original, porsinya sedeng. 


Gimana, tanggal tua bukanlah persoalan gawat kan buat para ibu muda cem kita ...ya walaupun resepnya rada-rada ngawur yang penting di lidah ga ada masalah..
Kalau kalian masak apa hari ini?



0 Response to "Contoh Menu Masakanku (Di Tanggal Tua)"

Posting Komentar

‪#‎100persenbuahnusantara‬ #BlessfulAugust #DreamsWellEngineered #evrinaspGiveaway #‎fruitsummit2015‬ #GoForItEmakGaoel #KainDanPerjalanan #‎livingfunandhealthy‬ #lombablogpojokpulsa2015 #PiknikItuPenting 4G 4G LTE About Me Agama. Akad alun-alun kebumen Ammara Beauty Care Angkringan ARTIKEL Bakmie Jowo Kangen Beauty BERITA blibli.com Braling Photography Candi Borobudur Citra Raya CitraRaya dawet hitam dawet ireng diet Es Buah Singkawang family Gaun Muslim Bentuk Payung giveaway Giveaway #OOTDAlaAku2015 Grand New Velloz Grand New Veloz gudeg h-1 Honeymoon HUKUM ibu rumah tangga IKLAN Jadul 90-an jalan-jalan Job Review karikatur Kebumen KELUARGA KESEHATAN Khasiat yogurt Kota Padang kuliner Magelang Kutoarjo kutowinangun life LIPSUS lomba menulis love Make Over Kamar Mandi manfaat yoghurt manfaat yogurt untuk ibu hamil Mbutuh Menu Masakanku Merah Marun mie ayam murah My 7 Days Fruit Diary Nasi Bakar Niro Granite Niro Granite Indonesia One Day Challenge Toyota OpenSnap opini Optik Kinanti Pak Edi pak kasman Pakdhe Untung Pasar Kutoarjo Pasar Lama Pendidikan Perumahan Idaman di Tangerang POLITIK Pondok Cianjur Purworejo Random REDAKSI Resepsi Review review Blibli.com review film review music review otomotif ronde Roti Bakar 88 rumah idamanku rumah nyaman sate ambal sate blora SEJARAH Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced Snap and Share Challenge Spirited Away Sunpride Tacose. tangerang TV ONLINE wedding Wego Wetan pasar WISATA wisata kuliner wisata tangerang Yogurt heavenly blush yogurt strawberry Yogurt terbaik di indonesia yogurt yang bagus yogurt yang baik yogurt yang mengandung probiotik